Traveling Ketika Hamil

Sebagai calon ibu apa lagi sedang mengandung anak pertama pasti sangat kawatir untuk melakukan perjalanan panjang. Sebenarnya sangat memungkinkan dan sangat disaran kan untuk melakukan traveling. selain untuk menyegarkan pikiran tetapi bukan berarti harus mengabaikan kehamilan, para calon ibu bisa saja dengan nyaman melakukan traveling dengan  memperhatikan beberapa hal, seperti kesehatan, kondisi keuangan, cuaca. aktivitasn dan tempat wisata yang di tuju.

Kesehatan : ini adalah hal yang mutlak untuk di perhatikan, Anda sendiri yang paling mengetahi mengenai diri anda sehat, baik-baik saja atau sebaliknya. jika ragu akan kesehatan Anda sebaiknya tunda atau batlkan sampai kondisi kesehatan anda benar-benar baik.

Keuangan : yang akan menentukan strategi perjalanan liburan anda, dari memilih sarana transportasi, hotel, keperaktisan, dll

Cuaca : perubahan cuaca yang drastis bisa mempengaruhi daya tahan tubuh anda, persiapkan diri anda dan perlengkapan sebaik mungkin

aktivitas  : pilih aktivitas yang memungkinkan dan menyenangkan bagi anda dan janin. wanita hamil rasanya mustahil untuk melakukan rafting atau bunji jumping bukan? :p

  sedikit tips dan saran:

1. kesehatan, periksa dan tanyakan lah kedokter anda untuk meyakinkan diri bahwa anda dan jabang bayi cukup fit untuk melakukan perjalanan dan aktivitas selama liburan.

2. jangan lupa untuk meminta surat rekomendasi dari dokter. Surat ini berfungsi untuk memudahkan ijin perjalanan Anda disaat menggunakan jasa penerbangan (biasanya wanita hamil memiliki syarat dan ketentuan tertentu di setiap maskapai)

3. bawa barang bawaan seringan mungkin atau seperlunya saja. barang bawaan yang berat akan membuat anda mudah lelah.

4. buat itinerary se flexibel mungkin, jika merasa cukup kuat anda bisa mengexplore tempat weisata seharian penuh. tapi jika mudah lelah, isitirahatlah disela-sela perjalananan anda (bisa sambil mencicipi jajanan lokal)

5. sediakan selalu air mineral, tissue basah&kering.

6. bawa cemilan sehat, asupan gizi sangat penting untuk jamim dan stamina Anda

nah sekarang bagai mana jika traveling disaat hamil dengan budjet terbatas? apakah bisa?

tunggu artikel selanjutnya “traveling ala backpacker disaat hamil”