Surga Duniawi di Tepi Sumatra Samudra Hindia.

Pulau ini adalah salah satu pulau yang terkenal indah berpasir putih di sumatera barat,
Atmosfernya yang tenang, nyaman dan jauh dari kebisingan kota membuat anda merasa berada di
sebuah pulau pribadi. Banyak pelancong merekomendasikan pulau ini untuk dikunjungi, saya juga sangat
penasaran ingin mendatangi pulau yang tersohor tersebut. Tanpa berpikir panjang sayapun langsung
merencanakan liburan singkat saya ke pulau Sikuai, meskipun cuaca pada saat itu
sedang musim hujan saya tetap bertekad untuk datang kesana.

Berkunjung ke Pulau Sikuai tidaklah sulit, saya hanya perlu datang ke Dermaga Wisata Bahari di
Pelabuhan Muara Jl. Batang Arau Padang dan disana sudah ada kantor pengelola pulau sikuai yang
memudahkan saya untuk mengatur perjalanan liburan ini, disana hanya ada 2 kali jadwal keberangkatan
dari Dermaga Wisata Bahari ke Pulau Sikuai yaitu pukul 10.00 dan 14.00, begitu juga jadwal balik dari
Pulau Sikuai ke Dermaga Wisata Bahari, memiliki 2 kali jadwal keberangkatan yaitu pukul 11.00 dan
16.00.

Tarif yang ditawarkan juga tidak terlalu mahal, dengan membayar 250 ribu rupiah kita sudah
dapat menjelajah Pulau Sikuai tanpa harus menginap dari pukul 10 pagi hingga pukul 4 sore. Biaya
tersebut sudah termasuk biaya perahu pulang – pergi, makan siang dan asuransi. Trip satu hari ini hanya
berlaku pada hari sabtu dan minggu saja. Anda juga bisa bermalam di Pulau Sikuai jika anda ingin
berlama-lama menikmati pulau indah ini, Sikuai menyediakan 21 cottage dan berbagai fasilitas seperti
restoran, gedung pertemuan, kolam renang dan joging track. Tarif permalamnya untuk type Deluxe
adalah: Rp. 800.000/ kamar/ malam untuk 2 orang, Rp.350.000/orang /malam untuk 3 orang dan
Rp.325.000/ orang/ malam untuk 4 orang. Biaya tersebut sudah termasuk biaya perahu pulang – pergi,
sarapan dan asuransi.

Saya lebih memilih bermalam di Pulau Sikuai ketika saya pergi bersama teman-teman saat liburan
panjang akhir pekan yang lalu, Kami berenam cukup mengeluarkan budget sebesar 350 ribu rupiah per
orang untuk 2 kamar. Selain dapat dengan puas mengeksplor pulau lebih lama, biaya yang dikeluarkan
juga akan jauh terhitung lebih murah jika kita membandingkannya dengan biaya trip satu hari. Sayangnya
biaya tersebut tidak mencakup makan siang dan makan malam selama di Sikuai, tetapi anda bisa
membeli voucher makan sebesar 60 ribu rupiah yang disediakan oleh pihak resort untuk sekali makannya.
Berhubung budget saya yang tidak terlalu banyak maka saya dan teman-teman memutuskan untuk
membeli bekal makanan siap saji sebelum menyeberang untuk persiediaan makan selama di pulau,
lumayan menghemat dari pada mengeluarkan uang sebesar 120 ribu hanya untuk 2 kali makan.

Pukul 10 tepat kami berangkat menggunakan perahu motor, disepanjang perjalanan mata kami
disuguhi pemandangan laut biru dengan ombak yang tenang serta pulau-pulau kecil yang mengelilingi
Sikuai. Ternyata memerlukan waktu 60 menit untuk mencapai pulau ini. dan begitu sampai di pulau,
petugas resort yang ramah langsung menyambut kami dengan welcome drink segelas jus jeruk yang
menyegarkan.

Uniknya tinggal dipulau sikuai adalah ketika kami harus merasakan hidup di pulau tanpa listrik,
tetapi hal ini hanya berlaku pada pukul 10 pagi sampai pukul 4 sore. Jadi ketika anda akan menginap di
pulau ini anda harus bisa mengatur jadwal penggunaan listrik anda, seperti mencharger batrai hp atau
camera. Liburan tidak akan lengkap tanpa mengabadikan moment sebagai barang bukti kalau anda
pernah mengunjungi tempat yang indah di pulau ini.


Melihat kecantikan Pulau Sikuai saya sangat tergiur dengan pasir putih disepanjang pantainya,
membuat saya tanpa ragu untuk langsung berenang menikmati segarnya air laut. Hanya dalam radius 8
meter dari tepi pantai saya langsung dapat melihat keindahan wisata laut dengan koral dan berbagai jenis
ikannya yang berwarna warni. lebih seru lagi ketika saya memperlengkapi diri dengan memakai snorkel,
untuk berlama lama menikmati berbagai spesies binatang laut sambil menyaksikan terumbu karang khas
sumatera. Anda juga bisa melakukan berbagai aktivitas air lainnya seperti bermain banana boat, canoing
dan bahkan diving. Fasilitas tersebut sudah disediakan oleh pengelola Pulau Sikuai untuk memanjakan
para pengunjung pulau ini.

Melihat kecantikan Pulau Sikuai saya sangat tergiur dengan pasir putih disepanjang pantainya,
membuat saya tanpa ragu untuk langsung berenang menikmati segarnya air laut. Hanya dalam radius 8
meter dari tepi pantai saya langsung dapat melihat keindahan wisata laut dengan koral dan berbagai jenis
ikannya yang berwarna warni. lebih seru lagi ketika saya memperlengkapi diri dengan memakai snorkel,
untuk berlama lama menikmati berbagai spesies binatang laut sambil menyaksikan terumbu karang khas
sumatera. Anda juga bisa melakukan berbagai aktivitas air lainnya seperti bermain banana boat, canoing
dan bahkan diving. Fasilitas tersebut sudah disediakan oleh pengelola Pulau Sikuai untuk memanjakan
para pengunjung pulau ini.

Didalam jadwal perencanaan aktivitas saya, seharusnya kegiatan sore ini diisi dengan melihat
sunset dari puncak pulau. Berhubung hujan terus mengguyur maka saya menghabiskan waktu dengan
beristirahat dikamar mengumpulkan energy untuk aktivitas memancing ikan dimalam hari. Meskipun
hujan sudah reda tetapi masih dengan sedikit gerimis, saya dan teman-teman tetap nekad memancing
ikan dari dermaga pulau karena kami tidak ingin rencana liburan kami berantakan hanya gara-gara cuaca
yang tidak kondusif. Untungnya perjuangan kami tidak sia-sia, setelah 2 jam memancing kami berhasil
mendapatkan 9 ekor ikan. Meskipun tidak banyak tapi saya cukup senang dengan hasil tangkapan kami
dan malam itu saya tertidur pulas dengan senyum puas.


Keesokan pagi harinya masih diselimuti oleh cuaca yang sedikit berawan saya sudah menapaki
anak tangga yang menanjak menuju puncak pulau untuk melihat pemandangan pulau-pulau di sekitar
Pulau Sikuai sambil mengejar matahari pagi. Puncak pulau ini dinamakan sunset plaza karena merupakan
tempat terbaik untuk menikmati pemandangan matahari terbenam, sayangnya kemarin sore hujan
mengguyur pulau sehingga saya tidak dapat merasakan keindahan pemandangan sunsetnya. Meskipun
begitu pagi ini saya tetap menikmati keindahan sunset plaza dengan melihat matahari terbit dari puncak
pulau ini. Setelah puas berada dimpat tertinggi pulau, anda juga bisa trekking mengelilingi pulau melalui
joging track yang tersedia, sambil menyaksikan hewan khas Sikuai seperti Biawak, Monyet dan beraneka
jenis burung serta menikmati keindahan sekeliling pulau.

Setelah berkunjung di pulau negeri sendiri baru saya menyadari bahwa pulau pulau di indonesia
jauh lebih cantik dibandingkan dengan pulau yang terkenal di negara tetangga, Maka tidaklah heran jika
pulau yang hanya seluas 40 hektar menjadi salah satu tempat surga duniawi di tepi Sumatra Samudra
Hindia.